Siapakah yang Maha Pemurah Lagi Maha Penyayang di Dalam At-Taurat, Az-Zabur, Al-Injil?

Di dalam bukunya yang berjudul …

Beautiful Names of Allah in the Bible (Asma-ul Husna di dalam At Taurat, Az Zabur dan Al Injil)

yang diterbitkan Kuala Lumpur oleh A S Noordeen, 2006, Dr Syed Mohammed Mohiuddin Habeebi dan Syed Ahsan Habibi menyatakan di halaman 9 bahawa di dalam Az Zabur Surah 5 ayat 10, termaktub kata …

Elohiym” atau “Allahiymma

yang adalah asal kata bahasa Arab اَللَّهُم “Allahumma” (Ya Allah).

Disebutkan pula oleh Dr. Syed Mohammed Mohiuddin Habeebi dan Syed Ahsan Habibi di halaman 16 bahwa di dalam At Taurat, Az Zabur dan Al Injil dalam Bahasa Aramaik, bahasa yang dipakai di kampung Nabi ‘Isa عليه السلام terdapat lafaz Aramaik Alif-lam-ha (Al-La-H) yang boleh juga digandakan lam nya menjadi ALLAH. Menurut Dr. Syed Mohammed Mohiuddin Habeebi dan Syed Ahsan Habibi, itulah bukti bahwa ALLAH adalah nama Tuhan di dalam Kitab Allah At Taurat, Az Zabur dan Al Injil.

Disebutkan sifat-sifat Allah di dalam Az Zabur Surah 116 ayat 5

اللهُ حَنُونٌ وَصَالِحٌ, إِلَهُنَا رَحِيمٌ

Allahu ḥanūnun wa ṣāliḥun, ilahunā raḥīmun

Tuhan Allah penuh nikmat kasih kurnia serta benar. Ya Allah Tuhan kita penuh belas kasih.

Disebutkan sifat-sifat Allah di dalam At Taurat, Surah Keluaran bab 33 ayat 19

فَقَالَ اللهُ: “أَمُرُّ أَمَامَكَ بِكُلِّ جُودِي, وَأُعْلِنُ لَكَ اسْمِي وَهُوَ “الدَّائِمُ.” وَأَرْأَفُ بِمَنْ أَرْأَفُ وَأَرْحَمُ مَنْ أَرْحَمُ.”

faqālallahu: “‘amurru ‘amāmaka bikulli jūdī, wa ‘u’linulakasmī wa huwaddā’imu” wa ‘ar’afu biman ‘ar’afu wa ‘arḥamu man ‘arḥamu.

Firman-Nya, “Aku melewatkan segala kegemilangan-Ku di depan mu dan akan menyerukan nama Allah di depanmu. Aku akan mengasihi siapa yang Kukasihani dan Aku akan menyayangi siapa yang Kusayangi.

Disebutkan pula di dalam Az Zabur Surah 103 ayat 6 dan 8 …

اللهُ يَعْمَلُ الْحَقَّ وَالْعَدْلَ لِكُلِّ الْمَظْلُومِينَ

اللهُ رَحْمَانٌ رَحِيمٌ, اللهُ حَلِيمٌ وَمُحِبٌّ جِدًّا

6 Allahu ya’malul ḥaqqa wal ‘adla likullil maẓlūmīn.

8 Allahu raḥmānun, Allahu ḥalīmmu wa huḥibun jiddan

6 Tuhan Allah menjalankan kebenaran dan keadilan bagi semua yang tertindas.

8 Tuhan penuh belas kasihan dan nikmat kasih kurnia, panjang sabar serta melimpah kasih-Nya.

Al Injil menyebutkan bahwa Allah itu satu-satunya yang terutama dan yang kuasaNya tak tertandingi dan tidak boleh dibandingkan dengan apapun dan siapapun di alam semesta ciptaanNya ini.

Disebutan di dalam Al Injil Surah 1 Korintus 8 ayat 3 dan 4 …

3 أَمَّا الَّذِي يُحِبُّ اللهَ، فَإِنَّ اللهَ يَعْرِفُهُ.

4 إِذَنْ بِشَأْنِ الأَكْلِ مِنَ اللَّحْمِ الَّذِي يُقَدَّمُ لِلأَصْنَامِ: نَحْنُ نَعْلَمُ أَنْ الصَّنَمَ لَيْسَ إِلَهًا لَهُ وُجُودٌ فِي الْعَالَمِ. لا إِلَهَ إِلا اللهُ.

‘ammallażī yuḥibbullaha ya’rifuhu.

‘iżan bisya’nil ‘akli minallaḥmillażi yuqaddamu lil ‘aṣnāmi: naḥnu na’lamu ‘an aṣṣanama laisa ‘ilahan lahu wujūdun fīl ‘ālam.

lā ‘ilaha ‘ilāllah

Tentang makan makanan yang dipersembahkan kepada berhala: Kita tahu bahawa berhala menggambarkan sesuatu yang tidak ada. Kita tahu bahwa Allah itu Esa, tiada ilah selain Allah.

Baca juga Tauhid di dalam At Taurat Surah Ulangan 6:4 dan di dalam Al Injil Surah Markus 12 ayat 29 dan 30.

Al Qur’an menyatakan hal yang sama bahwa Tuhan itu satu-satunya yang terutama dan yang kuasaNya tak tertandingi dan tidak boleh dibandingkan dengan apapun dan siapapun di alam semesta ciptaanNya ini. Dia lah Allah Tuhan yang sama yang disembah oleh segala macam umat manusia ciptaan-Nya. Itulah yang disebutkan di dalam Al Qur’an surah Al-‘Ankabut [29] ayat 46

وَلَا تُجَادِلُوا أَهْلَ الْكِتَابِ إِلَّا بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ إِلَّا الَّذِينَ ظَلَمُوا مِنْهُمْ ۖ وَقُولُوا آمَنَّا بِالَّذِي أُنزِلَ إِلَيْنَا وَأُنزِلَ إِلَيْكُمْ وَإِلَٰهُنَا وَإِلَٰهُكُمْ وَاحِدٌ وَنَحْنُ لَهُ مُسْلِمُونَ

‘āmannā billażī ‘unzila ‘ilainā wa ‘unzila ‘ilaikum wa ‘ilāhunā wa ‘ilāhukum wāhidun

Kami telah beriman kepada kitab-kitab yang diturunkan kepada kami dan yang diturunkan kepada mu; Tuhan kami dan juga Tuhan kamu adalah satu.

Baca juga Al Qur’an Surah Al-Baqarah [2]:139, Surah Al-Hajj [22]:40, Surah Al-Hajj [22]:18.

لَاحَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَا بِا للِه

lā ḥaula wa lā qūwwata illā billāh

Semoga semua makhluk ciptaan Allah menyadari dan berdzikir mengingat bahwa tiada kkuatan kecuali dengan pertolongan Allah.

Artikel yang sebelum ini Blog Abdushomad Artikel yang selepas ini